Lokasinya tidak jauh dari Bangkok, sekitar satu jam perjalanan darat ke arah utara. Namun, Ayutthaya menawarkan suasana bekas ibukota kerajaan yang berbeda dari hingar bingar Bangkok yang modern. Di sini lah awal dari Sungai Chao Phraya mengalir dan dari sinilah sejarah bangsa Thai ditulis. Tak heran di kota yang tenang ini banyak terdapat tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi serta cerita-cerita kerajaan diceritakan turun temurun sambil menyusuri anak Sungai Chao Phraya yang terlihat romantis di sore hari.

Ayutthaya adalah kota yang menjadi salah satu situs bersejarah utama di Thailand dan bahkan Taman Sejarah Ayutthaya mendapat gelar sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia dari UNESCO karena begitu bersejarahnya. Selain itu, kota ini sangat romantis. Banyak terdapat kafe-kafe kecil di sepanjang jalan yang menawarkan kue-kue khas kota ini yang konon sudah dibuat sejak dari jaman kerajaan dulu. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi Ayutthaya dan temukan romantisme kota ini.

Kejayaan Kerajaan Siam di Taman Sejarah Ayutthaya

Setidaknya ada 400 kuil dibangun di lokasi ini karena tempat ini menjadi pusat kerajaan di jamannya. Kuil yang paling terkenal dan paling ikonik di Ayutthaya adalah Wat Mahathat karena di sinilah terdapat patung kepala Buddha yang menyembul di antara akar-akar pohon. Kuil ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak difoto di Thailand karena keunikannya. Jika kamu ingin berfoto, pastikan bahwa posisi kamu tidak melebih patung yang sangat dihormati ini.

Buddha Tidur di Wat Lokaya Sutha

Kuil ini merupakan kuil yang direstorasi dari reruntuhan biara dimana terdapat patung Buddha berbaring sepanjang 42 meter dengan tinggi 8 meter. Selain yang terdapat di Bangkok, patung Buddha berbaring di Ayutthaya ini juga menjadi perhatian dari banyak pengunjung, salah satunya karena besarnya ukuran ditambah kain penutupnya yang berwarna oranye yang sangat menarik banyak pengunjung baik turis domestik maupun internasional.

Kastil Bang Pa-in

Dikenal juga dengan nama Istana Musim Panas tempat peristirahatan raja-raja Thailand yang dibangun sejak tahun 1632. Letaknya di samping Sungai Chao Phraya dengan area yang sangat luas dan terdapat beberapa bangunan yang telah direstorasi keberadaannya untuk bisa dikunjungi oleh pengunjung sekarang ini. Di Kastil Bang Pa-in, pengunjung bisa melihat betapa kayanya budaya Kerajaan Siam di masa lalu dengan banyaknya bangunan penuh dengan ornamen-ornamen budaya yang sangat indah.

Kota Pusat Budaya Asing

Kota ini menarik minat banyak orang asing di jamannya untuk datang dan menetap di sini. Di Ayutthaya, terdapat beberapa gereja bergaya Eropa dan salah satunya adalah gereja St. Joseph yang terkenal dan bisa kamu kunjungi. Tak jauh dari gereja tersebut terdapat beberapa lokasi perumahan orang asing. Di Ayutthaya juga terdapat daerah tempat tinggal orang dari Belanda, Inggris, Jepang serta negara-negara lain. Di kota ini pun terdapat daerah Muslim dimana kamu bisa menemukan makanan halal.

Roti Sai Mai Khas Ayutthaya

Roti ini jadi salah satu makanan ringan yang paling populer dari Ayutthaya. Roti tipis yang digulung dengan isian gulali tidak hanya enak dimakan tapi proses pembuatannya pun menarik. Dibuat dari adonan yang lengket dan dioleskan di atas wajan sangat panas yang hanya dioleskan dengan menggunakan tangan kosong saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s